Pemandangan alam yang ada di tanah air tidak hanya bisa Anda lihat di pantai saja. Di Indonesia gunung-gunung juga mempunyai pesonanya sendiri. Mulai dari pemandangan tebing-tebingnya, matahari terbit, sampai pemandangan cantik dari atas puncak gunung.

Dari banyaknya gunung yang ada di Indonesia, terdapat beberapa di antaranya yang wajib Anda kunjungi sekali seumur hidup. Nah, gunung apa sajakah itu? Tidak perlu berlama-lama lagi, mari simak ulasannya berikut ini. 

Deretan Gunung Cantik yang Wajib Dikunjungi 

  • Gunung Bromo 

Tentunya gunung yang satu ini tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Gunung yang berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur ini wajib Anda kunjungi sekali seumur hidup saat liburan. Bukan hanya wisatawan lokal saja yang datang, tetapi wisatawan mancanegara juga berbondong-bondong datang ke sana demi melihat langsung keindahan matahari terbit dari gunung bromo. 

Anda tidak perlu cemas karena takut capek mengelilingi kawasan ini, sebab ada banyak kuda dan mobil jeep yang dapat Anda sewa untuk berkeliling gunung bromo. Tentunya jika di tempat wisata semuanya serba mahal. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan budgetnya, ya!

  • Gunung Semeru 

Masih di dalam satu kawasan yang sama, pemandangan yang dimiliki gunung semeru juga tidak kalah indah dibandingkan gunung bromo. Dinobatkan menjadi gunung tertinggi di Jawa Timur membuat gunung ini mempunyai pemandangan matahari terbit dengan sangat indah. 

Sehingga tidak heran bila gunung ini masuk ke deretan gunung terfavorit. Untuk bisa melihat keindahan matahari terbit dari atas gunung, tentunya Anda membutuhkan perjuangan yang besar. Namun, tidak perlu khawatir sebab mata Anda akan dimanjakan oleh pemandangan dari Danau Ranu Kumbolo. 

  • Gunung Prau 

Daftar gunung yang wajib Anda kunjungi selanjutnya yaitu gunung prau yang terletak pada ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut. Siapa saja yang mendaki gunung ini untuk pertama kalinya, sudah dipastikan tidak akan mengalami kesulitan untuk mencapai ke puncaknya. 

Dari puncak gunung prau, Anda bisa melihat beberapa gunung lainnya seperti gunung sumbing dan gunung sindoro yang tidak kalah mempesona. Jangan lupa untuk membawa kamera agar Anda bisa mengabadikan momen terbaik itu.

  • Gunung Rinjani 

Pulau Lombok adalah salah satu tempat wisata terfavorit nomor dua yang ada di Indonesia sesudah Bali. Tidak hanya pantainya saja yang bagus, ternyata Lombok juga mempunyai gunung rinjani yang tidak kalah eksotis. 

Gunung yang memiliki ketinggian 3.726 mdpl tersebut sering disebut menjadi wisata tracking terbaik di seluruh Asia Tenggara. Ada sebuah spot yang paling sering didatangi oleh para pendaki yaitu Danau Segara Anak. Jika Anda melihatnya pasti tidak bisa lupa dengan keindahannya. 

  • Gunung Ijen 

Tidak hanya gunung semeru dan bromo saja, ternyata Jawa Timur juga masih memiliki gunung indah yang lainnya yakni gunung ijen. Gunung indah ini berada di antara 3 kabupaten yaitu Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

Pemandangan yang paling disukai oleh wisatawan disini yaitu kawah dan fenomena dari api biru yang ada disana. Untuk bisa menikmati hal tersebut, tentu saja Anda wajib mendaki gunung ijen di malam hari. Anda juga harus tahu jika api biru hanya ada beberapa saja di dunia dan Indonesia beruntuk memiliki api tersebut. 

Wisata Gunung di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidup

  • Gunung Kelimutu 

Semua orang sepertinya tidak asing dengan keindahan dari Pulau Flores. Ya, salah satu keindahannya yaitu Danau Kelimutu yang berada di puncak gunung Kelimutu. Danau ini sering disebut sebagai danau tiga warna sebab mempunyai 3 warna yang tidak sama. 

Nah, Anda juga tidak perlu bersusah payah untuk sampai hingga puncak, karena gunung ini telah mempunyai fasilitas yaitu anak tangga yang bisa membantu Anda untuk mencapai puncak dengan mudah. 

  • Gunung Patuha 

Mungkin nama dari gunung yang satu ini cukup asing di telinga Anda, namun bagaimana jika sebutannya adalah kawah putih? Tentunya Anda sudah sering mendengarnya, bukan? Anda perlu tahu jika sebenarnya kawah putih juga masuk dalam bagian dari gunung patuha.

Cantiknya pemandangan kawah putih dengan balutan hijau tosca membuat gunung patuha menjadi tempat favorit para wisatawan. Jika Anda berlibur ke Bandung, jangan lupa untuk datang ke tempat ini, ya! 

  • Gunung Kerinci 

Jika ingin merasakan mendaki dengan sedikit ekstrim, Anda harus pergi ke Gunung Kerinci yang berada di Sumatera Barat. Yang membuat takjub, Gunung Kerinci adalah gunung berapi paling tinggi se-Asia dengan ketinggian 3.805 mdpl. 

Gunung Kerinci juga sekaligus menjadi salah satu tempat mendaki paling favorit yang ada di Indonesia. Jika sudah sampai ke puncaknya, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah dan tidak pernah Anda temukan kecuali di gunung ini. 

Itulah beberapa wisata gunung yang ada di Indonesia dan memiliki pemandangan indah serta menjadi tempat favorit para wisatawan berkunjung. Setelah membaca ulasan di atas tidak perlu pikir panjang untuk mendatangi gunung-gunung yang wajib Anda kunjungi sekali seumur hidup untuk melihat keindahannya!