Pandemi yang berlarut-larut ini berdampak dengan adanya larangan bepergian dan segenap syarat yang harus dilakukan ketika harus bepergian jarak jauh membuat kita hanya bisa beraktifitas di dalam rumah saja. Semua rencana liburan yang seharusnya bisa dilaksanakan akhirnya harus tercancel dan membuat kita harus menikmati hari libur tersebut dirumah. Terutama menjelang akhir tahun ini, mau tidak mau kita harus mempertimbangkan untuk menghabiskan liburan Natal dan Tahun Baru 2022 di rumah saja.  

Untuk menghindari rasa bosan yang sangat mungkin muncul, kita bisa merencanakan liburan Natal dan tahun baru tersebut dengan kreatif dan menarik. Dengan merencanakan liburan keluarga di rumah sebenarnya ada beberapa keuntungan  yang bisa kita dapatkan. Keuntungan dari liburan keluarga di rumah antara lain:

1. Hemat

Keuntungan pertama yang kita dapatkan sudah pasti adalah hemat. Semua biaya perjalanan dan akomodasinya pada akhirnya bisa dihindari karena kita tidak perlu keluar rumah dan bahkan membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

2. Bebas macet dan polusi

Karena tidak melakukan perjalanan jauh, kita jadi bebas dari kemacetan yang biasanya terjadi terutama pada masa liburan. Disamping itu juga kita juga terbebas dari polusi udara yang terjadi karena menumpuknya kendaraan dikarenakan macet dalam perjalanan. 

3. Tidak terikat waktu

Dengan liburan di rumah, kita jadi lebih bebas dalam berlibur dan menggunakan waktu. Berbeda dengan liburan yang mengharuskan kita melakukan perjalanan dan menginap di hotel yang harus mempertimbangkan waktu perjalanan serta kedatangan dan keluar dari hotel. 

4. Tidak perlu mengantri

Sudah menjadi kebiasaan ketika liburan, kita harus terbiasa dengan antrean entah itu antre di perjalanan, masuk lokasi wisata, makan bahkan untuk menggunakan toilet. Dengan berlibur di rumah, kita tidak perlu mengantri dalam melakukan apapun. Semuanya bebas.

Selain keuntungan tersebut, ada juga manfaat yang bisa kita dapatkan dari liburan dirumah. Apa saja manfaatnya dari liburan di rumah saja?

5. Punya me time atau waktu untuk diri sendiri

Dengan liburan di rumah kita jadi punya waktu lebih dan privasi untuk diri kita sendiri. Kita bisa melakukan semua kegiatan yang menyenangkan buat diri kita sendiri tanpa harus terganggu oleh keberadaan orang lain. Hal itu bisa untuk meredakan stress dan berdampak baik untuk diri kita.

6. Merekatkan hubungan antar anggota keluarga

Bagaimanapun juga, rumah adalah tempat ternyaman untuk pulang dan berlibur di rumah Bersama keluarga adalah hal yang terbaik yang bisa kita nikmati untuk melepas penat setelah berhari-hari bekerja.

Dengan membuat aktifitas-aktifitas yang menarik Bersama keluarga selama melakukan liburan di rumah, kita bisa lebih mendekatkan hubungan antar anggota keluarga. Ketika liburan Bersama kita bisa bersenda gurau bersama hingga saling berkeluh kesah untuk mendekatkan sisi emosi antar anggota keluarga.

7. Menghadirkan kenangan indah

Banyak kenangan indah yang sangat mungkin terjadi ketika kita liburan bersama. Mulai dari sekedar minum teh sambil bersantai hingga kegiatan seru yang bisa kita lakukan yang bisa menjadi cerita indah kelak. 

Untuk menciptakan suasana liburan di rumah yang menarik dan menyenangkan perlu ada strategi khusus  dan perencanaan yang matang juga lho. Ada beberapa tips seru yang bisa kita lakukan untuk menghabiskan liburan natal dan tahun baru di rumah. Apa saja tipsnya? Yuk kita simak.

Tips seru menghabiskan liburan natal dan tahun baru di rumah

1. Main game

Hal seru pertama yang bisa dilakukan adalah dengan bermain game. Kita bisa mengasah keterampilan kita dalam bermain game setelah Lelah dengan pekerjaan sehari-hari. Banyak game yang bisa dipilih dan dimainkan Bersama dengan keluarga mulai dari game console, monopoli, catur, kartu hingga permainan tradisional yang melibatkan fisik bisa kita mainkan selama liburan di rumah.

2. Pesta kebun

Ini jarang bisa kita nikmati bila kita berlibur keluar dari rumah. Tapi dengan liburan di rumah saja kita bisa membuat pesta kebun yang menarik untuk semua anggota keluarga. Kita bisa menunjukan skill masak kita dengan membuat hidangan-hidangan yang menarik untuk disajikan di pesta kebun. Kita bisa juga merancang permainan-permainan simple yang bisa dimainkan oleh seluruh anggota keluarga. dengan pesta kebun ini kita bisa saling bahu membahu untuk menyiapkan hingga merapikan semuanya sehingga hubungan keluarga jadi semakin erat.

3. Menata ulang rumah

Untuk menghilangkan kesan monoton dan suasana monoton dari rumah kita bisa memanfaatkan waktu di liburan akhir tahun dengan mendekorasi ulang rumah dengan melibatkan semua anggota keluarga.  pertimbangkan semua masukan dan keinginan setiap anggota dalam menata ulang rumah supaya semua bisa merasa nyaman dan asik dalam beraktifitas di dalam rumah. Selain itu kita juga bisa berkebun untuk menambah kesan nyaman dan asri dari rumah dengan adanya tanaman.

Bukan berarti tetap di rumah ketika liburan akan menjadi membosankan, dengan adanya perencanaan yang baik dan kegiatan-kegiatan yang mengasyikkan liburan di rumah bisa jadi malah lebih menarik dan menyenangkan dibanding harus dihabiskan dengan bepergian.