Siapa disini yang hobi traveling atau jalan-jalan? Meskipun pandemi belum ada tanda-tanda berakhir, tidak ada salahnya bila Anda membuat rencana dari sekarang. Liburan ke tempat baru memang memberikan banyak manfaat. Selain melepas penat dari pekerjaan yang melelahkan, kegiatan menyenangkan ini juga bisa meredakan gejala stres.

Nah, supaya rencana jalan-jalan segera terwujud, kamu harus mulai menabung dari sekarang. Pada dasarnya traveling itu membutuhkan biaya yang tidak murah, lho. Jadi, Anda harus mengumpulkan tabungan dulu untuk menyiapkan budgetnya. Jika merasa kesulitan, Anda bisa mengikuti beberapa tips mengumpulkan tabungan untuk liburan di bawah ini.

  1.     Menentukan Waktu dan Lokasi Liburan

Untuk bisa mengumpulkan dana, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat target. Yang dimaksud target di sini yaitu lokasi dan waktu liburan, sehingga lebih mudah untuk mengetahui biaya yang dibutuhkan. Misalnya, Anda ingin jalan-jalan ke Bali akhir tahun nanti, maka buatlah rincian tempat yang akan dikunjungi selama di Bali, hotel, transport, serta makan. Setelah itu baru tentukan estimasi biaya yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas Anda.

  1.     Komitmen Mengalokasikan Dana

Supaya tabungan cukup waktu liburan nanti, maka Anda harus bersungguh-sungguh dalam mengalokasikan dana. Jika sulit merealisasikannya atau sering lupa, coba manfaatkatkan fitur auto debet di tabungan. Dengan fitur ini, dana yang ingin ditabung otomatis akan masuk ke rekening khusus. Nah, Anda bisa mengambilnya setelah target terpenuhi.

  1.     Sisihkan Sebagian Gaji

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menyisihkan sebagian gaji yang dihasilkan ke tabungan khusus liburan. Biasanya orang-orang memiliki kebiasaan untuk menabung sisa uang gajian mereka di awal supaya tidak ludes digunakan untuk keperluan lain. Jika gaji Anda kurang, coba cari alternatif sumber uang tambahan. Anda juga perlu membuat rencana anggaran untuk traveling, sehingga tahu berapa nominal tabungan yang harus dipenuhi.

  1.     Meningkatkan Motivasi

Mungkin ada banyak orang yang tiba-tiba merasa malas ketika berada di tengah perjalanan menabung. Apalagi saat muncul promo hingga diskon yang menggoda, Anda pasti tertarik untuk membelinya. Jika sering mengalami hal tersebut, sebaiknya belajarlah untuk meningkatkan motivasi kenapa harus nabung. Anda ingin jalan-jalan dan mengunjungi tempat baru bukan? Nah, coba print foto tempat liburan dan tempelkan pada tempat yang mudah terlihat. Setiap kali Anda melihat foto tersebut, pasti akan lebih bersemangat untuk segera kesana.

  1.     Mengurangi Pengeluaran Tidak Penting

Suka jajan atau belanja online? Mulai saat ini kamu harus mengurangi kebiasaan tersebut bila ingin tabungan traveling lebih cepat terkumpul. Kurangi pengeluaran tidak penting yang hanya menghambur-hamburkan uang saja. Belajarlah menahan diri untuk tidak jajan, ngopi bersama teman-teman, atau nongki di cafe. Anda bisa mengalokasikan dana tersebut ke tabungan traveling. Yuk, belajar hemat dari sekarang.

  1.     Memanfaatkan Kartu Kredit

Di kalangan masyarakat sendiri memang masih ada pro dan kontra terhadap penggunaan kartu kredit untuk kebutuhan hidup. Banyak yang mengatakan bahwa kartu kredit memberikan keuntungan seperti kepraktisan dan kemudahan. Jika Anda suka traveling, mungkin dapat mempertimbangkan penggunaan kartu kredit yang memiliki banyak manfaat. Anda bisa mengumpulkan reward dari penyedia kartu dan bisa menggunakannya saat traveling nanti.  

  1.     Menginvestasikan Dana Jalan-Jalan

Jangan biarkan dana jalan-jalan mengendap di celengan atau tabungan biasa. Karena Anda bisa menggandakan nominalnya lebih cepat dengan menginvestasikannya. Silahkan cari produk investasi yang sesuai kebutuhan, aman, dan stabil. Misalnya tabungan emas atau deposito yang menawarkan bunga besar. Tapi jika lebih tertarik dengan imbal hasil tinggi, Anda bisa memilih reksa dana dan saham. Namun ketahui bahwa produk investasi tersebut juga memberikan risiko tinggi.

  1.     Tidak Mengutak-atik Dana Liburan  

Banyak orang gagal menabung karena harus memenuhi kebutuhan mendesak. Supaya Anda tidak mengalami kejadian serupa, silahkan pisahkan uang tabungan liburan dan siapkan dana darurat. Dengan dana darurat, Anda tetap dapat memenuhi kebutuhan mendesak tanpa harus mengotak-atik tabungan liburan. Sebisa mungkin upayakan untuk tidak menggunakan dana liburan untuk kebutuhan lainnya.

  1.     Mencari Sumber Penghasilan Tambahan

Anda bisa mengatur waktu untuk menyelesaikan pekerjaan tetap dan mengambil tambahan job seperti menjadi penulis lepas, penerjemah, design grafis, maupun pekerjaan lainnya yang fleksibel waktu dan tempat. Mudah sekali kok mencari pekerjaan tambahan saat ini, apalagi sudah ada beberapa situs freelance yang bisa dimanfaatkan.  Jadi, silahkan cari pekerjaan sampingan jika memang memungkinkan.

  1. Menunggu Diskonan

Ingin liburan murah meriah? Anda dapat berburu diskon dari travel agent atau tempat wisata yang ingin didatangi. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan cek langsung website resminya. Atau juga bisa menghubungi kontak yang tercantum di website untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang promo. Dengan diskon ini, biaya liburan akan semakin terjangkau.

Itulah beberapa tips mengumpulkan tabungan untuk jalan-jalan. Silahkan terapkan dengan baik bila Anda ingin impian menuju ke tempat liburan segera terlaksana. Ingat bahwa kunci dari kesuksesan menabung adalah konsisten.