Banyuwangi adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur, menjadi tempat yang sangat terkenal, tak heran jika ada banyak tempat wisata bagus yang menarik untuk Anda kunjungi dengan keluarga. Kabupaten Banyuwangi juga ada di paling ujung dari pulau Jawa. Kota Banyuwangi berbatasan langsung dengan sejumlah wilayah misalnya Selat Bali yang ada di timur Samudra Hindia, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Jember. 

Nah, ada lebih dari 20 tempat wisata yang wajib Anda kunjungi ketika sedang berlibur di Banyuwangi. Berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa menjadi referensi Anda saat liburan. Yuk, simak ulasannya di bawah. 

1. Kawah ijen 

Destinasi wisata yang satu ini cocok untuk para petualang dewasa. Ini merupakan objek wisata yang paling populer untuk banyak orang. Kawah Ijen ada di perbatasan antara Banyuwangi dan Bondowoso di Jawa Timur. Destinasi wisata ini tidak hanya memiliki kawah hijau yang menyuguhkan panorama indah, tetapi juga aktivitas penambangan belerang. Pesona Kawah Ijen pun memiliki fenomena uniknya yaitu Api Biru atau Blue Fire.

Ketika ditanya mengapa api menjadi biru, itu merupakan hasil dari pembakaran gas belerang yang keluar dari celah-celah gunung berapi Ijen pada suhu hingga 600°C. Anda harus tahu jika api biru Gunung Ijen terdaftar menjadi api terbesar yang ada di dunia, dan satu-satunya tempat di dunia di mana fenomena ini terjadi adalah Gunung Dallol di Ethiopia. Apabila Anda ingin pergi hingga mencapai Kawah Ijen, maka Anda harus menempuh jarak 3 km dengan waktu selama 1,5 sampai 2 jam.

2. Taman nasional baluran 

Apabila Anda pernah mendengar atau mengetahui Africa van Java, nah taman nasional baluran merupakan tempatnya. Tempat wisata yang satu ini sangat populer dan sudah pasti saat kamu melihatnya langsung terpesona. Sejauh mata memandang, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah seperti sedang berada di savana Afrika. 

Letak taman nasional baluran ini tidak begitu jauh dari kota Banyuwangi. Dengan memakai mobil, Anda dapat sampai ke tempat ini dengan waktu tempuh selama 1,5 jam saja. Selain pemandangan alamnya yang indah, mungkin Anda juga bisa bertemu dengan beberapa satwa liar seperti rusa. Bahkan disana juga terdapat pantai bama yang bisa menambah kecantikan tempat tersebut. 

3. De djawatan 

Anda mungkin pernah  melihat pohon De Djawatan di Instagram. Ya, De Djawatan merupakan tempat yang cukup Instagram-friendly untuk banyak pengunjung. Tapi tahukah Anda jika De Djawatan ini awalnya adalah kawasan hutan lindung milik Departemen Kehutanan? Ya, ada 50 pohon Trembesi yang besar dan unik di kawasan ini. 

Di masa lalu, kawasan itu diabaikan dan seolah-olah berhantu. Tetapi, sejak reorganisasi oleh pemerintah Banyuwangi, Djawatan telah menjadi tempat wisata paling populer di Banyuwangi. Secara khusus, fasilitas wisata didirikan di daerah sekitarnya, mulai dari papan warna-warni hingga tempat ibadah. 

4. Taman nasional alas purwo 

Sama seperti Taman Wisata Baluran, tempat wisata lainnya di Banyuwangi yaitu taman nasional, juga terdapat Taman Nasional Alas Purwo yang ada di bagian selatan Banyuwangi. Seperti Baluran, ada area sabana bergaya Afrika di sini. Ini sangat menarik. Jika dilihat dari peta, Taman Nasional Alas Purwo ini mempunyai bentuk permukaan yang unik sebab berada di Semenanjung Blambangan di ujung tenggara Pulau Jawa. 

Tidak hanya sabana, tetapi juga pantai yang indah seperti hutan bakau, hutan gugur tropis, dan  pantai Plengkung. Anda  juga dapat menikmati pemandangan dari banyak spesies langka di kawasan taman nasional. Banteng Jawa dan lainnya. Karena disini Anda tidak hanya dapat  menikmati keindahan alam, tapi juga dapat mengenalkan satwa liar kepada anak-anak.

5. Pantai pulau merah 

Jika Anda bosan berwisata di taman nasional ,Banyuwangi memiliki banyak pantai. Pantai Banyuwangi memiliki pemandangan yang bagus dan cocok sebagai tujuan wisata dengan keluarga. Pantai yang sangat cantik adalah pantai pulau merah. Nama pantai ini berasal dari keunikannya, yakni terdapat pulau kecil dengan bukit-bukit tinggi yang diselimuti tanah merah.  Tempat ini juga dapat bisa Anda nikmati dengan berjalan kaki ketika air surut dan juga Anda dapat menjelajahinya.

6. Teluk hijau 

Untuk tempat wisata pantai bisa juga datang ke Teluk Hijau. Lokasi ini ada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Sesuai dengan namanya, Green Bay atau Teluk Hijau  merupakan teluk yang airnya berwarna biru kehijauan sangat indah dengan pasir yang halus. Tidak hanya itu, ada area hijau sekitar teluk ini yang membuat panoramanya semakin indah. 

Tetapi, sebab berada di taman nasional, Anda mungkin bertemu monyet di pantai. Oleh sebab itu, jangan lupa selalu menjaga barang bawaan Anda dengan aman ya!