Setiap orangtua pasti ingin mempersiapkan liburan yang mengasyikkan bagi buah hatinya. Namun, pastinya Anda juga tidak ingin liburan tersebut hanya menjadi sekedar bermain saja tetapi tetap harus ada unsur edukasi bagi anak.

Di Bali ada begitu banyak tempat yang bisa dikunjungi untuk rekreasi sekaligus edukasi, bahkan ketika berada disana, buah hati Anda tidak akan merasa bila sedang belajar karena kegiatan yang diberikan sangat menyenangkan.

Tempat Wisata di Bali yang Mengedukasi

Berikut dibawah ini adalah rekomendasi lokasi wisata edukasi yang ada di Bali :

Bali Zoo Park di Gianyar

Lokasi pertama yang bisa Anda kunjungi, yakni kebun binatang yang ada di Gianyar. Ditempat ini anak-anak tidak hanya bisa melihat binatang, tetapi juga dapat lebih mengenal fauna yang ada di Nusantara dan mancanegara. Buah hati pasti akan senang berada disana karena bisa berinteraksi secara langsung dengan hewan-hewan yang ada di Bali Zoo.

Bali Bird Park

Lokasi selanjutnya, yakni Bali Bird Park. Sesuai namanya, di tempat ini Anda bisa melihat beragam jenis burung. Di Tempat konservasi ini, selain bisa melihat dan mengenal jenis-jenis burung asli Indonesia, anak-anak juga dapat berkenalan dengan burung yang berasal dari negara-negara di seluruh dunia. Bahkan taman burung ini juga memiliki fasilitas bioskop agar bisa lebih mengenal macam-macam burung.

Bali Treetop Adventure Park

Wisata edukasi yang bisa ditemukan di Bali selanjutnya, yakni Bali Treetop Adventure Park. Sesuai namanya tentunya Anda dan buah hati akan dibuat kehabisan tenaga, sebab semua kegiatan di tempat ini memang berhubungan dengan petualangan dan pastinya akan menyenangkan. Lokasi dari Bali Treetop ini ada di kawasan Kebun Raya di daerah Bedugul.

Desa Penglipuran

Lokasi wisata yang satu ini merupakan salah satu desa di Bali yang masih menjaga tatanan budaya dan tradisi Bali sebagaimana mestinya. Jadi, bila Anda ingin mengenalkan kepada buah hati satu tempat yang masih kental dengan budaya Bali, maka tidak ada salahnya mengajak mereka datang ke Desa Penglipuran.

Pulau Penyu di Tanjung Benoa

Selanjutnya lokasi yang pasti akan disukai oleh anak-anak adalah dimana mereka bisa berinteraksi secara langsung dengan hewan. Pulau Penyu, di pulau ini buah hati Anda bisa melihat secara langsung bagaimana penyu-penyu menetas, melepaskannya ke laut dan memegangnya.

Disana mereka juga akan diberitahukan bila tidak penyu merupakan hewan dilindungi yang tidak boleh diburu untuk dimakan ataupun dijual. Informasi ini tentunya sangat bagus bagi anak agar lebih bisa menghargai ekosistem laut, sehingga nantinya mereka tetap bisa melihat penyu yang berenang bebas di lautan.

Alas Kedaton

Masih berhubungan dengan hewan, Anda dan keluarga bisa berkunjung ke Alas Kedaton. Dilokasi anak-anak bisa secara berinteraksi dengan kera yang jumlahnya sangat banyak. Mereka bisa memberikan makanan kepada kera disana, berupa kacang-kacangan, pisang atau buah-buahan lainnya. Untuk makanannya Anda bisa membeli langsung di lokasi.

Rumah Pohon di Karangasem

Apabila Anda ingin mengajak buah hati liburan ke lokasi wisata yang unik di Bali, maka Anda bisa membawa mereka ke lokasi wisata yang bernama Rumah Pohon. Berlokasi di daerah Karangasem, bangunan ini menjulang tinggi dan terbuat dari bambu.

Untuk dapat naik ke rumah pohon yang berada di desa Kubu, Anda harus melalui jembatan bambu. Bila sudah berhasil menaikinya, Anda akan dapat melihat pemandangan indah yang memanjakan mata dari atas rumah pohon.

Tips Memilih Lokasi berlibur di Bali

Daerah wisata di Bali memang sangat banyak, setiap area pastinya akan menawarkan keunggulan masing-masing. Tentunya dengan begitu banyaknya pilihan yang bisa dikunjungi akan sangat memuaskan, karena bisa memenuhi kriteria dari setiap orang yang datang.

Namun, pastinya tidak semua orang dapat mendatangi setiap lokasi. Apalagi ada keterbatasan-keterbatasan tersendiri. Nah, ada baik Anda memenuhi 3 hal berikut sebelum berwisata ke pulau Bali.

Durasi liburan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah durasi liburan, karena hal ini akan mempengaruhi pemilihan objek wisata. Sebab, bila waktu liburan Anda hanya sebentar, maka Anda hanya dapat mengunjungi sedikit lokasi.

Sebaliknya, bila waktu berlibur Anda panjang, maka bisa mendatangi banyak lokasi wisata dan tentunya akan lebih leluasa. Sebab, apabila waktu yang Anda miliki panjang, Anda dapat berada untuk waktu lama di spot-spot wisata tersebut.

Lokasi Penginapan

Pemilihan lokasi tempat menginap juga mempengaruhi banyak hal. Misalnya untuk menghemat waktu mencapai lokasi wisata. Jadi, ada baiknya Anda memilih hotel yang berada di tempat strategis dan tidak jauh dari spot-spot wisata pilihan. Supaya tidak terlalu lama dijalan.

Budget liburan

Hal penting lainnya adalah mempersiapkan budget untuk berlibur. Karena kebanyakan lokasi wisata di Bali akan mengenakan biaya masuk yang nominalnya bervariasi. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu dengan mencari informasi mengenai harga tiket masuk pada lokasi yang akan dikunjungi.