Lumba-lumba merupakan salah satu hewan terpandai di planet ini, lumba-lumba selalu mempunyai daya tarik yang khas bagi para wisatawan. Selain cagar alam dan taman hiburan, Anda juga bisa menemukan lumba-lumba di perairan Indonesia. Kumpulan tempat ini dianggap tidak hanya sebagai habitat alami lumba-lumba, tetapi juga salah satu tempat terbaik jika ingin melihat hewan cerdas ini. Di mana Anda tertarik? Sekarang lihat ulasannya. 

 1. Lampung, Teluk Kiluan 

Teluk Kiluan Lampung adalah spot pertama yang harus dilihat bagi siapa saja yang ingin melihat lumba-lumba perairan terbuka secara langsung. Ratusan lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba penembak jitu dapat ditemukan di tengah lautan. Dulu Anda wajib menyewa perahu ketinting yang berkapasitas empat orang. Selama kurang lebih satu jam perjalanan, wisatawan disajikan pemandangan air laut yang jernih serta gugusan perbukitan yang hijau. Nantinya, perjalanan Anda juga akan ditemani oleh lumba-lumba. Rombongan lumba-lumba biasanya  berenang ke kiri dan kanan perahu. Mereka begitu akrab dengan manusia sehingga mereka suka mendekati kapal. Dengan jumlah yang begitu banyak, mamalia ini dapat ditemukan setiap hari. Teluk Kiluan tidak hanya banyak, tetapi juga salah satu rute migrasi terbesar di dunia. Lumba-lumba ini dapat ditemukan setiap hari, tetapi biasanya mereka muncul pada pagi hari, jadi pastikan Anda tiba pada pukul 06.00 WIB di tengah lautan.

2. Banten, Pulau Tunda 

Saya pindah sedikit dari Lampung  ke Banten. Anda bisa melihat lumba-lumba di laut lepas di Pulau Tunda. Pulau ini adalah salah satu habitat asli lumba-lumba Indonesia. Tak heran kehadirannya sangat mudah ditemukan di sini. Jika ingin melihat kawanan lumba-lumba, Anda harus tiba lebih awal di pagi hari dan berlayar melewati Ghost Reef ke North Bay. Pulau Tunda berada berdekatan dengan Pulau Peucang.

3. Pantai Lovina, Bali 

Pantai Lovina juga menjadi salah satu spot di mana Anda dapat menyaksikan langsung lumba-lumba di laut lepas. Lumba-lumba adalah salah satu atraksi utama di pantai  di Bali ini. Kawanan hewan laut yang tergolong cerdas ini hidup bebas di sini. Lumba-lumba Pantai Lovina berada dibawah perlindungan peraturan  setempat, sehingga tidak ada yang bisa menangkap atau menjualnya. Jika ingin melihat pesona lumba-lumba di tengah laut, Anda perlu menyewa perahu khusus yang bisa digunakan pengelola dengan bebas. Perahu kemudian membawa Anda ke perairan tempat lumba-lumba biasanya muncul. Perahu biasanya menampung 45 orang dan biayanya sekitar 60.000 rupee per orang. Idealnya, lumba-lumba akan muncul di Pantai Lovina tepat pada pukul 06.00 sampai 09.00 WIB pagi hari. Waktu terbaik untuk melihat lumba-lumba di Pantai Lovina yaitu pada musim kemarau dari bulan April sampai Oktober.

4. Pulau Siladen di Sulawesi Utara 

Pulau Syahdan adalah tempat untuk menemukan lumba-lumba di laut. Pulau yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken sudah terkenal dengan keindahannya. Pulau ini tidak hanya indah, tetapi juga memiliki laut yang menjadi habitat lumba-lumba Indonesia. Melihat lumba-lumba di perairan ini membutuhkan kesabaran, karena hewan ini tidak selalu mengapung di permukaan air. Biasanya, saat Anda berperahu melintasi perairan Syahden, Anda mungkin melihat lumba-lumba berenang di sekitar perahu.

5. Misor, Raja Ampat 

Raja Ampat memang sudah sangat terkenal dengan keindahan alamnya. Anda juga bisa melihat lumba-lumba berenang bebas di Misor. Ada tiga spesies lumba-lumba yang dikenal ramah di kawasan ini. Mereka biasanya keluar dan melacak perahu wisata yang melewati perairan ini. Perairan Misor yang dikenal kaya akan kehidupan laut. Ada banyak jenis hiu kecil dan paus di daerah tersebut.

6. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan terkenal tidak hanya dengan pesona ubur-ubur yang jinak, melainkan Danau Kakaban. Selain Bunaken dan Raja Ampat , Kepulauan Derawan adalah salah satu tempat yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang luar biasa. Bahkan bisa dibilang yang terbaik di wilayah Kalimantan. Menariknya, Anda juga bisa melihat lumba-lumba di lautan lepas di Kepulauan Derawan. Namun, butuh sedikit keberuntungan untuk bertemu lumba-lumba di kawasan tersebut, karena lumba-lumba hanya bisa dilihat di beberapa titik saja. Anda biasanya dapat melihat lumba-lumba ketika Anda pergi ke Pulau Maratua.

7. Wakatobi di Sulawesi Tenggara

Tempat untuk melihat lumba-lumba Indonesia secara langsung di habitat aslinya adalah Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara. Wakatobi ditetapkan sebagai kawasan lindung pada tahun 1996 dan mencakup area seluas 1,39 juta hektar. Selain terumbu karang dan berbagai jenis ikan, Wakatobi juga menjadi habitat lumba-lumba. Mereka sering terlihat melompat ke permukaan air dan lewat dengan kawanannya.

Demikianlah beberapa perairan di indonesia yang menjadi spot untuk melihat lumba-lumba. Tempat tersebut juga dapat dijadikan opsi Untuk Anda berlibur bersama keluarga Anda.