Pastinya menyenangkan bisa pergi traveling ke tempat yang diinginkan. Bepergian bersama keluarga atau teman tentu saja memang menyenangkan, namun tak ada salahnya jika pergi berwisata sendirian. Jangan khawatir, Anda bisa bersenang-senang dan menikmati liburan Anda bahkan saat bepergian. 

Perjalanan solo ala backpacking tidak seburuk yang Anda kira. Bahkan, itu  akan mengubah hidup Anda dan membuat Anda menjadi orang yang lebih baik. Paling tidak, ada banyak sekali hal positif yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini beberapa keuntungan jika Anda traveling ala backpacker. 

  • Melatih menjadi mandiri 

Hal pertama yang akan Anda dapatkan yaitu bisa jadi lebih mandiri ketika pergi sendirian sebab Anda dapat bertahan di tempat baru. Anda tetap melanjutkan liburan meskipun harus berhadapan dengan beberapa perbedaan yaitu adat, agama dan budaya. Perbedaan ini menawarkan pelajaran yang tidak pernah dipelajari sebelumnya. 

  • Mendapat banyak kenalan baru 

Selanjutnya Anda bisa kenal dengan orang-orang baru yang akan Anda temui saat bepergian. Apakah mereka sesama pelancong atau penduduk lokal. Anda dapat membuat teman baru. Anda harus menghabiskan waktu berduaan dengan orang-orang di sekitar Anda selama liburan. 

Berbeda jika Anda pergi dengan keluarga atau teman sebab tentu saja Anda akan sibuk dengan mereka. Selain itu, hal yang mengasyikan selanjutnya yaitu Anda dan orang baru dapat berbagi cerita mengenai banyak hal. Jika Anda bisa melakukannya dengan benar, terimalah dengan tangan terbuka. Alhasil, Anda akan memiliki banyak teman dari berbagai latar belakang.

  • Mengatur keuangan menjadi lebih baik 

Anda pasti harus berhati-hati dengan uang jika Anda seorang backpacker solo. Jangan sia-siakan barang untuk membeli barang yang tidak Anda butuhkan, meskipun ada diskon. Intinya pengeluaran tidak over budget. Anda harus bisa mengatur budget minimal agar  bisa terus menikmati liburan. Dengan mengendalikan keuangan Anda, Anda bisa lebih banyak menabung dan secara tidak langsung  belajar memprioritaskan.

  • Merasakan kebebasan

Bepergian dengan teman atau keluarga harus rumit karena kita semua memiliki kebutuhan yang berbeda. Jika Anda bepergian sendiri, Anda dapat mengatur rencana perjalanan Anda. Anda dapat menjelajahi berbagai atraksi yang telah ditambahkan ke daftar keinginan Anda. Hal baiknya adalah Anda dapat pergi ke mana saja atau  melakukan apa pun tanpa harus merasa terganggu atau terburu-buru.

  • Peduli dengan orang sekitar 

Solo traveling ala backpacking tentu saja bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Nantinya Anda akan mendapatkan banyak kesulitan atau tantangan yang harus dihadapi nantinya. Suka atau tidak, Anda juga pasti memerlukan bantuan orang lain. Pengalaman ini akan menuntun Anda untuk lebih peduli pada orang lain. Jika Anda suka membantu mereka ketika mereka membutuhkan bantuan, Anda akan menjadi orang yang lebih baik.

  • Beradaptasi dengan resiko

Keuntungan selanjutnya yaitu Anda bisa menjadi orang yang berani untuk mengambil resiko sebab liburan sendiri pasti akan  menghadapi Anda dalam berbagai keadaan yang tidak aman. Juga, Anda membuat keputusan yang tepat dengan cepat dan tidak  hanya bergantung dengan orang lain saja. 

  • Pandai dalam packing 

Sebagai seorang solo backpacker, otomatis Anda akan menyukai hal-hal yang praktis, terutama dalam hal bagasi. Jika Anda menganggap sedang backpacking, maka tentu saja Anda perlu berkemas sesegera mungkin. Jika tidak, mobilisasi akan menghambat ketika bepergian.

  • Lebih peka dengan lingkungan 

Bepergian sendiri menjadikan Anda lebih peka dengan lingkungan sekitar. Anda harus menjaga kebersihan, bukan dengan paksaan dari orang lain, tetapi dengan hati nurani Anda sendiri. Misalnya, jangan sembarangan membuang sampah di tempat umum. Tidak hanya bermanfaat untuk Anda, tetapi juga akan berdampak pada kelangsungan hidup orang lain.

  • Lebih waspada dengan orang yang tidak dikenal 

Pengalaman baru selepas bepergian tidak hanya akan menjadikan Anda lebih bahagia, tetapi juga akan membuat Anda lebih berhati-hati dalam  segala hal. Jika Anda tidak memikirkan keselamatan Anda sendiri sepanjang waktu, itu akan dihapus setelah liburan Anda untuk menghindari hal-hal buruk yang  bisa  terjadi.

  •  Percaya diri meningkat 

Percaya deh, seru banget buat liburan solo ala backpacker. Anda berani melakukan hal-hal baru, menghadapi tantangan berbeda, dan bertahan! Anda bisa saja merasa tidak aman atau bahkan ragu pada awalnya, kemudian Anda percaya pada kemampuan Anda sendiri. Ini akan meningkatkan harga diri Anda. 

Banyak orang yang ragu untuk mengambil liburan solo ala  backpacker. Kekhawatiran adalah alasan. Untuk itu, Anda harus benar-benar percaya diri  sebelum melakukan perjalanan. Cari informasi sebanyak-banyaknya dan persiapkan segala sesuatunya dengan baik supaya liburan Anda berjalan lancar.

Nah, itu tadi keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika traveling ala backpacker. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat Anda ingin bepergian sendiri. Selamat berlibur!