Bagi para pecinta alam, Gunung Semeru adalah salah satu lokasi pendakian yang paling favorit. Meski saat ini, Gunung Semeru baru saja memuntahkan lahar panasnya, tapi tetap saja gunung ini mempunyai daya pikat yang sangat tinggi. Mendaki Gunung Semeru sendiri menjadi banyak target dari pecinta alam. Untuk ke mendaki gunung ini, Anda harus ke Kota Malang, Jawa Timur. Lalu, berapa kira-kira budget yang diperlukan untuk mendaki gunung yang satu ini? Yuk, simak ulasannya ini. 

Budget yang Harus Disiapkan Untuk ke Gunung Semeru 

Untuk budget sendiri sebenarnya Anda harus tahu ingin berangkat dari mana. Karena setiap kota pasti akan berbeda besaran budget yang harus diperlukan. Dalam artikel ini sendiri, akan dijelaskan budget yang perlu Anda keluarkan bila dari Jakarta. Berikut ini perincinanny : 

Transportasi 

Pertama-tama yang harus Anda siapkan adalah masalah transportasi. Untuk transportasi Anda bisa memilih 3 jenis, seperti berikut ini: 

1. Kereta 

Apabila ingin menggunakan alat transportasi kereta, maka Anda bisa mencari tiket sesuai dengan kelas. Kalau Anda ingin menghemat, lebih baik pilih kereta ekonomi yang harganya kisaran dari 120 ribu hingga 150 ribu rupiah saja untuk ke Kota Malang. Kereta ekonomi sekarang sudah nyaman dan Anda tetap bisa tidur nyenyak selama perjalanan. 

2. Bus 

Bus antar provinsi juga bisa Anda pilih untuk menuju Malang. Kalau naik bisa biasanya Anda akan berangkat pada sore hari dan sampai ke Kota Malang mungkin saat siang hari. Tapi, sekarang sudah ada jalur trans Jawa sehingga perjalanan akan lebih cepat. Untuk tiketnya sendiri mulai dari 200 ribu hingga 250 ribu rupiah. Kelebihannya, Anda sudah mendapatkan makan malam serta snack. 

3. Pesawat 

Kalau ingin lebih cepat, maka Anda bisa memilih naik pesawat. Tapi, tentu saja budget yang harus Anda siapkan lebih besar. Tiket dari Jakarta ke Malang, paling murah sekitar 650 ribu. Itupun kalau ada promo. 

Menuju daerah Tumpang 

Setelah Anda sampai ke Kota Malang, selanjutnya Anda harus menuju ke daerah Tumpang. Kalau dari Stasiun Malang ke daerah Tumpang, Anda bisa menaiki angkot. Banyak angkot yang tersedia untuk sampai Tumpang,  biasanya ongkosnya sekitar 30 ribu rupiah. Apabila Anda pergi bersama teman, maka bisa menyewa angkot agar lebih mudah dan nyaman. Para sopir angkot ini biasanya akan mematok harga 120 ribuan. Tapi, Anda bisa menawar harganya agar lebih murah. 

Jika Anda sudah sampai ke daerah Tumpang, selanjutnya Anda harus jalan kaki hingga ke basecamp pendakian. Di sini Anda harus mengambil formulir untuk melanjutkan perjalanan ke lokasi pendakian pertama. Anda juga bisa membeli barang yang sekiranya dibutuhkan untuk menjelajah Gunung Semeru. 

Menuju Ranu Pane 

Setelah Anda sudah siap, selanjutnya carilah tumpangan untuk ke Ranu Pane. Untuk menuju lokasi ini, Anda harus menyewa jeep. Nah, disini Anda harus hati-hati, karena banyak sekali calo yang menaikan harga untuk bisa menuju ke Ranu Pane. 

Kalau Anda ingin menyewa satu jeep sendirian, maka harganya sudah pasti akan sangat mahal sekali. Lebih baik Anda mencari jeep yang bisa mengangkut maksimal 12 orang. Anda bisa mencari rombongan lain untuk ikut naik jeep yang sudah mereka sewa. Tentang saja, rombongan lain pasti akan menerima kalian dengan sangat baik. Ongkos ke Ranu Pane untuk 12 orang adalah 450 ribu, jadi per orang akan dikenai 50 ribu rupiah saja. 

Jika sudah sampai ke Ranu Pane, maka selanjutnya Anda harus ke tempat khusus untuk menyerahkan formulir. Nanti dari pihak petugas akan memeriksa semua kelengkapan dokumen serta surat sehat. Ya, sebelum Anda ke Semeru harus bawa surat sehat. Apabila sudah lengkap, selanjutnya Anda harus mengikuti briefing, dimana akan dijelaskan peraturan apa saja yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan selama mendaki. 

Bila sudah diberikan briefing dan Anda sudah mengerti, formulir akan dicap oleh petugas dan membayar biaya pendakian atau menginap. Untuk hari biasa, per harinya dikenai biaya 17.500 rupiah, sedangkan untuk weekend 20 ribu rupiah. Untuk pendakian ke Gunung Semeru setidaknya Anda membutuhkan 4 hari. Kalau Anda berangkat di hari Kamis, maka biaya yang diperlukan adalah sekitar 80 ribu rupiah. 

Dari penjelasan di atas, maka bisa Anda perkirakan berapa budget yang dibutuhkan untuk naik ke Gunung Semeru. Seperti berikut ini: 

  1. Transportasi pulang pergi Rp. 300.000 dengan kereta ekonomi.
  2. Dari Stasiun Malang ke Tumpang dan sebaliknya Rp. 60.000.
  3. Biaya sewa jeep Rp 100.000 pulang pergi. 
  4. Biaya masuk pendakian Rp. 80.000

Maka total yang harus diperlukan adalah sekitar Rp. 540.000. Biaya tersebut tentu diluar biaya logistik dan alat yang Anda butuhkan untuk mendaki serta biaya masih hitungan kasar. Perlu Anda ketahui, kalau Anda ingin mendaki Gunung Semeru harus menggunakan sepatu. Kalau Anda hanya menggunakan sandal gunung, pasti tidak akan diizinkan untuk naik.