Di kesempatan ini untuk mengulas wisata belanja paling populer di Singapura yang merupakan negara kecil, tapi negara maju. Letaknya yang strategis antara Indonesia dan Malaysia tentu menjadi destinasi favorit banyak wisatawan nasional maupun internasional. 

Tentu saja oleh-oleh untuk orang tersayang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke tempat wisata. Belanja adalah tempat yang populer untuk wisatawan untuk mencari banyak makanan dan barang-barang. Berikut adalah ringkasan dari sejumlah tempat belanja populer di Singapura yang harus Anda kunjungi.

1. Orchard road 

Orchard Road merupakan salah satu jalan utama sepanjang 2,2 km berada di pusat Singapura dan menjadi objek wisata yang populer. Tempat ini merupakan destinasi untuk belanja paling banyak dikunjungi di Singapura dengan banyak department store, restoran, dan kafe terkenal di bahu Orchard Street. Tempat ini sering sekali dikunjungi para wisatawan karena menjadi salah satu hal yang wajib jika sedang berada di Singapura. 

2. Bugis street market 

Tempat yang satu ini merupakan kawasan bisnis terbesar di Singapura yang dikenal di Asia. Saat tahun 1980, bugis street berubah dari surga pejalan kaki yang kumuh menjadi pasar yang sangat bagus dengan 800 toko didalamnya. Selain itu, tempat ini merupakan tempat yang ideal untuk seluruh keluarga sebab bisa memamerkan berbagai jenis bisnis, mulai dari fashion tinggi hingga musik, sastra, dan berbagai kuliner yang super lezat. 

3. Chinatown 

Selanjutnya pasti Anda mengenal tempat yang satu ini yaitu chinatown yang menjadi tempat favorit di Singapura dan selalu dikunjungi oleh banyak wisatawan. Banyak toko souvenir dan terdapat juga restoran dan warung makan disini. Ketika pada pada lokasi ini, wisatawan akan merasa suasana China yang sangat kental.  

4. Marina bay

Marina Bay merupakan salah satu pusat perbelanjaan mewah terbaik di Marina Bay Sands. Ada banyak merek mewah dari berbagai dunia di tempat ini. Mal ini memiliki ratusan restoran mewah, toko, bar, kafe dan tempat menyenangkan lainnya. Mall marina bay sangat mewah dan menjadi pusat menyenangkan bagi para mata pengunjung.

5. Haji lane 

Destinasi wisata ini terletak di distrik Kampong Singapura. Kaum muda dapat mengunjungi ruko di jalur ini untuk menemukan butik dan kafe mode independen ala Timur Tengah. Sangat banyak calo-peziarah Arab yang akan mengelola haji untuk umat Islam dari Singapura dan pulau Sumatra di dekatnya. 

Apa yang membuat Haji Lane benar-benar unik dibandingkan dengan tempat lain di Singapura yaitu dekorasinya yang eksentrik. Grafiti warna-warni di dinding mampu menghidupkan kembali dinding toko tua yang tampak usang. Mural yang paling mencolok di area ini merupakan patung prajurit Latin kuno, yang dibungkus dengan ornamen, misalnya masyarakat Amerika Latin kuno.

6. Little India 

Menjadi tempat belanja paling populer di Singapura. Toko yang penuh warna tentunya akan menawarkan kesan yang menarik bagi para pendatang. Mereka menawarkan berbagai macam produk, mulai dari perhiasan hingga camilan yang terpajang di etalase toko. Juga, di bulan-bulan khusus misalnya Januari dan Februari, Anda dapat menonton festival Thaipusam disini.

7. Raffles city 

Raffles City merupakan pengembangan terintegrasi dari pusat kota Singapura yang disetujui oleh CapitaLand Commercial Trust (CCT) dan CapitaLand Mall Trust (CMT). Mal ini terletak di pusat kota, mempunyai suasana yang nyaman untuk para rombongan, pelajar, turis, penduduk lokal, dan keluarga. Wi-Fi gratis juga disediakan oleh Raffles City Mall.

8. Mustafa centre 

Mustafa Centre dikenal menjadi surga pembelanja dengan harga terjangkau di Singapura. Tempat ini menawarkan banyak barang-barang, termasuk pakaian dan elektronik, dengan harga yang rendah. Barang-barang yang dijual tidak dapat Anda tawar, tetapi harganya jauh lebih murah daripada di tempat lain. Sebagai referensi, Mustafa Center juga menjadi salah satu destinasi belanja paling populer bagi para pelancong dari Indonesia sebab harganya murah.

9. Clarke quay 

Tempat selanjutnya yaitu clarke quay yang merupakan dermaga di pinggir sungai bersejarah Singapura di area perencanaan sungai Singapura. Dermaga ini berada di hulu pertemuan Singapore River dan dermaga perahu. Tempat ini telah menjadi pusat kegiatan komersial dan perdagang. Toko-toko tersebar di pinggir tepi sungai, dan ada berbagai situs warisan di sini. Anda dapat menyewa perahu untuk menjelajahi suasana kawasan perbelanjaan ini.

10. Vivocity 

VivoCity adalah mal paling besar di Singapura. Di mall ini, Anda bisa melihat berbagai macam produk yang dijual. Menjadi salah satu tempat belanja fashion, mal ini juga memiliki taman bermain, bioskop dan galeri. Banyak restoran dan bar tidak pernah sepi pengunjung. Tentu saja tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berlibur dengan keluarga atau orang tersayang disini. 

Demikianlah, ulasan mengenai tempat wisata belanja yang ada di Singapura. Semoga beberapa rekomendasi tempat yang ada di atas bisa membantu Anda, ya!