Nataru atau Natal dan Tahun Baru tahun ini sama dengan tahun lalu. Pemerintah masih menerapkan beberapa aturan untuk menekan angka penyebaran virus covid-19 yang hingga sekarang masih terus berlanjut. Mulai dari dihapusnya cuti Nataru hingga menetapkan PPKM level 3. Kondisi sekarang ini memang tidak bisa Anda tolak, karena demi kesehatan dan penyebaran virus corona bisa selesai. 

Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan pada saat Natal dan Tahun Baru, maka harus mengetahui aturan PPKM Level 3 yang harus dipatuhi. Apa saja syaratnya? Ikuti terus ulasannya berikut ini. 

Aturan Perjalanan PPKM Level 3 Di Liburan Natal dan Tahun Baru 

Bagi Anda yang sudah merencanakan perjalanan di saat libur Natal dan Tahun Baru, lebih mempersiapkan diri dengan mengetahui aturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Berikut ini adalah aturannya: 

Perjalanan Jawa Bali 

Untuk perjalanan domestik wilayah Jawa dan Bali, berikut ini adalah syaratnya: 

  • Untuk Anda yang ingin akan bepergian melalui darat seperti mobil, motor atau bus, maka harus test Antigen H-1. 
  • Sedangkan bagi Anda yang menggunakan transportasi udara, harus disertai antigen dan sudah vaksin kedua. Sedangkan bagi yang baru mendapatkan vaksin pertama harus disertai dengan test PCR. 
  • Dalam kondisi sehat dan mematuhi protokol kesehatan ketat seperti menggunakan masker. 

Perjalanan Luar Jawa Bali 

Bagi Anda yang akan menjalani perjalanan ke luar Jawa dan Bali, maka berikut ini adalah syaratnya: 

  • Bagi yang akan melakukan perjalanan lewat transportasi darat, maka harus antigen sehari sebelum keberangkatan atau H-1. 
  • Sedangkan untuk transportasi udara harus menjalani tes PCR H-3 dan sudah vaksin minimal dosis pertama. Bagi yang sudah vaksin lengkap, maka Anda bisa mengambil tes antigen. 
  • Menjalankan prokes dengan ketat seperti menjaga jarak, tidak bersentuhan dengan penumpang lain dan menggunakan masker sepanjangan perjalanan.

Transportasi Umum antar Provinsi 

Selain peraturan perjalanan bagi penumpang, moda transportasi juga harus mematuhi peraturan yang juga telah ditetapkan pemerintah.  Berikut ini adalah aturannya: 

  • Hanya boleh mengisi kapasitas maksimal 70%. 
  • Pesawat terbang boleh 100%. 
  • Tetap menjalankan protokol kesehatan. 

Sedangkan untuk transportasi yang ada di luar Jawa Bali harus melaksanakan prokes yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah masing-masing. 

Usulan Untuk Pembatasan pada Saat Nataru 

Meski sudah ada aturan yang ditetapkan oleh pemerintah, ada beberapa usulan yang diberikan oleh beberapa pengamat kesehatan di Indonesia. Berikut ini adalah usulannya: 

Perjalanan domestik

Adapun aturan yang diusulkan bagi perjalanan domestik untuk seluruh Indonesia, seperti berikut: 

  • Untuk pegawai negeri, TNI, Polri serta karyawan swasta dilarang bepergian selama libur Nataru. 
  • Menjalankan pengetatan untuk WNA atau WNI yang masuk ke Indonesia dari luar negeri. 
  • Memperketat aturan mudik yang sering dilakukan Natal dan Tahun Baru. 
  • Memberlakukan sistem ganjil dan genap. 

Transportasi umum 

Sedangkan usulan bagi transportasi umum adalah: 

  • Meniadakan seluruh angkutan tambahan pada liburan Nataru. 
  • Menjalani random test bagi masyarakat dalam perjalanan. 

Tips Bepergian Saat PPKM Level 3 

Jika Anda sudah mempunyai rencana bepergian pada saat liburan Natal dan Tahun Baru, bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini agar perjalanan selalu aman: 

  1. Jaga kondisi tubuh 

Walau sudah ada peraturan bahwa harus tes antigen atau PCR, tapi setidaknya Anda tetap menjaga kondisi tubuh sebelum bepergian. Pastikan saat berangkat Anda tidak mengalami demam atau flu. Perkuat imun tubuh dengan mengatur pola makan, konsumsi vitamin c serta berolahraga. 

  1. Tetap jaga jarak 

Jika Anda bepergian dengan transportasi pribadi pun tetaplah menjaga jarak. Apabila Anda berhenti di rest area, pastikan bahwa tidak begitu ramai. Misalnya memang harus turun, maka tetap jaga jarak, minimal Anda memberikan jarak 1,5 meter dari orang lain. 

  1. Jangan lupa bawa hand sanitizer dan masker cadangan 

Ketika Anda sedang bepergian, lebih baik membawa hand sanitizer dan masker cadangan. Hal ini sendiri untuk mencegah kalau masker terjatuh atau tidak ada tempat untuk mencuci tangan. Karena kita tidak tahu dimana virus ada, jadi lebih baik menjaga diri dengan benar-benar. 

  1. Langsung bersihkan diri ketika sampai tempat tujuan 

Kalau Anda sudah sampai ke tempat tujuan, lebih baik langsung mandi dan berganti baju. Untuk barang-barang yang Anda gunakan dan bisa dicuci langsung, langsung saja cuci. Karena ini untuk menghindari virus tersebar kemana-mana. 

Demikianlah penjelasan peraturan liburan Nataru di PPKM level 3. Tapi, baru-baru ini pemerintah mengumumkan bahwa PPKM level 3 pada saat libur Natal dan Tahun Baru sudah dibatalkan. Hingga saat ini tidak ada peraturan yang berubah, tapi yang sudah pasti ada tidak ada cuti Nataru seperti biasanya. Apalagi dengan virus omicron yang katanya sudah masuk ke Indonesia. Jadi, tetaplah menjaga kesehatan dan hindari bepergian jika tidak penting.