Barang Bawaan yang Wajib Dibawa Saat Solo Travelling

Siapa bilang kalau traveling harus dilakukan ramai-ramai ? Faktanya, makin banyak orang yang memilih solo traveling karena memang lebih suka sendirian atau bisa jadi karena enggan bergantung dengan jadwal orang di sekitarnya. Menurut para solo traveler itu, daripada tidak jadi lebih baik berangkat sendiri.

Namun ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan solo traveling. Terutama bagi para pemula yang baru mau mencoba pengalaman ini, jangan sampai ada barang yang terlupakan untuk dibawa.

Maka dari itu, simak artikel ini untuk tahu barang apa saja yang wajib dibawa saat kamu ingin melakukan solo traveling. Penasaran ? Berikut ketujuh daftar barang bawaan yang tidak boleh lupa dibawa :

1. Uang Tunai

Perkembangan sistem cashless atau pembayaran secara digital rupanya semakin meningkat belakangan ini. Sistem pembayaran non-tunai yang memungkinkan kamu untuk membayar hanya dengan menggunakan kartu maupun aplikasi digital. 

Meskipun memudahkan, tapi kenyataannya belum semua penjual menyediakan alat pembayaran digital. Contohnya pedagang kaki lima, penjual street food maupun toko kelontong yang masih mengutamakan uang tunai. 

Maka, sebaiknya kamu tetap membawa sejumlah uang tunai untuk berjaga-jaga. Apalagi kalau kamu berpergian ke destinasi wisata yang belum terjamah dan sulit menemukan mesin ATM. Namun pastikan uang tunai yang kamu bawa tidak terlalu banyak untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan.

2. Medical Kit

Medical Kit atau perlengkapan medis adalah barang wajib berikutnya yang harus kamu bawa. Benar memang kalau tak ada satu pun yang berharap tiba-tiba sakit selama berlibur. Tapi, apapun bisa terjadi saat liburan nanti apalagi kalau kamu punya riwayat penyakit tertentu. 

Untuk berjaga-jaga, kamu bisa membawa beberapa perlengkapan medis yang umum seperti obat diare, flu, batuk, perban, obat merah, dan lain sebagainya. Membawa medical kit sendiri bisa adalah cara antisipasi kalau seandainya sulit menemukan apotek di destinasi yang kamu kunjungi. 

3. Travel Charger

Handphone pasti bakal menjadi barang yang selalu kamu butuhkan saat solo traveling. Karena handphone bisa mendukung perjalananmu jadi lebih nyaman, seperti mencari informasi tiket, penginapan, rute jalan, dan lain-lain.

Nah, kamu bisa kerepotan kalau handphone sampai habis baterai. Meskipun sudah menyiapkan charger, namun belum tentu kamu bakal menemukan stop kontak di setiap tempat yang kamu kunjungi. Di sinilah travel charger atau powerbank berfungsi untuk digunakan sewaktu-waktu kalau kamu butuh mengisi daya handphone. 

4. Backpack Waterproof

Saat melakukan solo traveling, itu artinya hanya dirimu sendirilah yang bisa diandalkan. Jadi, pastikan kamu sudah persiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin. 

Salah satu yang juga harus dipertimbangkan yaitu membawa backpack khusus yang praktis dan tidak membuatmu kerepotan. Selain itu, pilih juga backpack yang waterproof atau anti air untuk menemani perjalananmu. Traveling pun jadi lebih nyaman karena kamu tidak perlu merasa ribet sendiri dengan barang-barang bawaanmu. Lain halnya kalau kamu membawa koper yang lumayan besar, pasti kamu bakal kewalahan. 

5. Jaket Berbahan Parasut

Kemana pun tujuanmu, jangan pernah lupa untuk membawa jaket. Apalagi kalau kamu pergi ke tempat-tempat yang cenderung lebih dingin, tentu jaket bakal kamu butuhkan. 

Namun, kamu tak perlu membawa jaket yang terlalu tebal untuk menghangatkan badan. Pilih jaket yang ringan tapi berbahan parasut. Sehingga saat kamu sedang tidak memakainya, jaket itu tetap bakal ringkas untuk dibawa maupun dimasukkan dalam tas. Jaket berbahan parasut juga lebih efektif untuk membuat badanmu hangat.

6. Payung Lipat dan Jas Hujan

Sekarang cuaca semakin sulit diprediksi, maka penting sekali untuk menyiapkan barang-barang ini. Terutama saat kamu berpergian di musim hujan atau ke tempat yang intensitas hujannya tinggi. 

Sediakan payung lipat atau jas hujan khusus untuk traveling. Jadi, kamu tidak bakal khawatir kehujanan saat sedang jalan-jalan. Selain melindungi dari hujan, payung juga bisa kamu gunakan untuk menghalau teriknya matahari. 

7. Alat Pelindung Diri

Menjaga diri saat melakukan solo traveling itu adalah sebuah keharusan. Karena bukan tidak mungkin kalau kamu bakal bertemu orang-orang yang berniat jahat. Dan kamu pun tidak bisa mengandalkan bantuan dari orang lain. 

Maka, bawalah alat-alat yang memungkinkan untuk melindungimu dari segala bentuk kejahatan. Siapkan alat-alat pelindung diri yang simpel saja, misalnya seperti pisau lipat kecil, semprotan cabai atau lada, hingga alat kejut listrik. Sehingga kamu tetap bisa liburan dengan tenang karena sudah membawa alat tersebut. 

Nah, itulah tadi 7 barang bawaan yang wajib kamu bawa saat ingin solo traveling. Barang-barang tersebut jangan sampai terlewat dibawa agar perjalananmu tetap nyaman meskipun pergi sendirian. Dan hal yang paling penting yaitu kamu harus persiapkan mental sekaligus fisikmu saat ingin solo traveling. 

 


Posted

in

by