Cara Mudah Mengatur Budget untuk Travelling ke Luar Negeri

Kamu baru pertama kali ke luar negeri? Tentu kamu harus mempersiapkan banyak hal agar perjalananmu lancar dan kamu bisa menikmati liburanmu dengan senang. Liburan ke luar negeri tidak perlu mengeluarkan biaya mahal, kamu bisa meminimalisir pengeluaran dan kebutuhanmu selama liburan akan tercukupi. Dengan begitu, liburanmu akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh dan pikiran. Liburan di negara impianmu akan membuatmu lebih bersemangat kembali dalam menjalankan rutinitas sehari-hari setelah kamu menikmati liburan di luar negeri. Berikut cara mudah mengatur budget untuk travelling ke luar negeri.

  • Pilih Negara Impianmu yang Membebaskan Visa

Tips pertama agar pengeluaran kamu tidak banyak adalah pilih negara yang bebas visa. Berkunjung ke luar negeri dengan visa membutuhkan pengeluaran yang mahal mulai dari ratusan hingga mencapai jutaan rupiah dan proses pembuatan visa membutuhkan waktu yang lama. 

  • Pastikan Kamu Memilih Waktu Liburan Saat Low Season

Liburan di saat low season adalah pilihan yang tepat karena saat semua orang harus kembali bekerja, kamu justru pergi liburan. Objek-objek wisata akan sepi pengunjung dan kamu dapat menikmati objek wisata tanpa terganggu oleh hiruk pikuk keramaian. Poin paling penting adalah kamu dapat menghemat kebutuhanmu karena harga barang akan menjadi normal dibandingkan dengan harga kebutuhan saat peak season.

  • Persiapkan Budget yang Cukup

Pertimbangkan segala sesuatunya sesuai dengan budget kamu. Hal ini penting karena kamu akan menjelajahi negara asing dan banyak hal yang mungkin di luar perkiraan kamu. Pastikan budget kamu cukup mulai dari persiapan, saat liburan, hingga saat kamu kembali ke rumah dengan selamat. Persiapkan biaya cadangan untuk berjaga-jaga selama liburan.

  • Cari Promo Tiket Pesawat dan Hotel

Kamu harus selalu rajin mengecek harga tiket pesawat dan hotel. Kamu dapat memilih maskapai penerbangan dengan harga yang terjangkau demi menghemat pengeluaran. Kamu juga harus selalu memantau penawaran spesial dari online travel agent karena setiap tahunnya perusahaan travel agent akan memberikan diskon tiket penerbangan. Begitu juga dengan hotel, pilihlah tempat yang menurutmu nyaman dan harga yang terjangkau.

  • Riset Objek Wisata Gratis dan Murah

Sebelum kamu memulai perjalananmu, kamu dapat menyusun itinerary atau rencana perjalanan. Kamu dapat memilih objek wisata yang gratis atau objek wisata dengan tarif yang murah. Dengan menyusun itinerary dan memilih objek wisata yang murah, kamu tetap dapat berwisata ria tanpa harus khawatir untuk mengeluarkan biaya yang besar. 

  • Cari Tahu Transportasi yang Murah Meriah

Transportasi adalah elemen yang juga tak kalah penting saat liburan di luar negeri. Kamu dapat memanfaatkan transportasi umum untuk menghemat biaya perjalanan atau kamu juga dapat berjalan kaki jika jarak tempuh tidak terlalu jauh.

  • Bawa Barang Secukupnya 

Jika kamu membawa barang yang cukup banyak, kamu harus mengeluarkan tenaga yang ekstra dan tentunya juga akan menguras kantong kamu. Bawalah barang yang benar-benar kamu butuhkan dan berguna saat kamu berlibur. Jangan sampai kamu membawa barang yang tidak begitu penting dan justru menambah biaya untuk membayar bagasi. Cobalah untuk memperkirakan berat barang bawaan kamu. Kamu akan menghemat pengeluaran jika kabin kamu hanya lima sampai sepuluh kilogram saja dan tanpa bagasi. Jika barang bawaan kamu lebih dari sepuluh kilogram, usahakan untuk membeli bagasi jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Membeli bagasi di bandara pada saat hari keberangkatan akan jauh lebih mahal. Jadi usahakan tetap membawa barang secukupnya saja.

  • Alokasikan Dana untuk Membeli Makanan Selama Liburan

Membeli kebutuhan makanan dan minuman adalah hal yang paling krusial bagi wisatawan, apalagi tidak semua makanan di luar negeri cocok dengan selera kamu. Pastikan kamu sudah riset terlebih dahulu tentang makanan apa saja yang tersedia di negara yang akan kamu tuju. Buat anggaran belanja makanan dan minuman yang akan kamu beli di lokasi wisata. Usahakan kebutuhan makan dan minum tidak menguras dompetmu. Belilah makanan sesuai dengan kebutuhanmu agar kamu tetap fit selama berlibur di luar negeri. 

  • Tukar Uang di Money Changer

Walaupun hari ini aktivitas transfer atau pembayaran sudah dimudahkan dengan adanya e-money, namun kamu juga perlu berjaga-jaga dan selalu menyiapkan uang tunai. Untuk menghemat pengeluaranmu, penting bagi wisatawan asing untuk menukarkan uang di money changer. Untuk mendapatkan harga penukaran mata uang asing, pilihlah money changer yang tepat agar kamu mendapatkan penukaran harga mata uang yang lebih murah dibandingkan money changer lainnya. Tukarkan mata uang asing jauh-jauh hari sebelum keberangkatan karena menukarkan mata uang asing di negara yang kamu tuju akan meningkatkan pengeluaran kamu.

  • Rajin Baca Review Pengunjung dan Lakukan Perbandingan

Mengingat bahwa kamu akan mengunjungi negara asing, tentu banyak hal yang mungkin saja terjadi di luar prediksi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk rajin membaca review pengunjung, baik review tentang lokasi wisata, tempat penginapan, transportasi, dan kebutuhan perjalanan lainnya. Hal ini untuk berjaga-jaga dan budget yang kamu persiapkan akan cukup hingga kamu kembali ke negara asalmu. 

 


Posted

in

by