Backpacker Ke Luar Negeri Harus Memperhatikan Hal Ini

Ada tipikal orang yang suka berlibur dengan cara backpacking. Cara ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang menyukai tantangan dan memiliki budget terbatas. Dengan menjadi backpacker, kamu tidak hanya akan menghemat pengeluaran tetapi juga bisa melihat dunia dari sudut pandang berbeda. 

Mengunjungi tempat-tempat baru memang menjadi salah satu cara terbaik untuk hilangkan penat dari rutinitas dan kesibukan sehari-hari. Nah, liburan ala backpacker bisa kamu jadikan pilihan untuk merasakan keseruan meski penuh dengan tantangan. 

Jika kamu tertarik liburan ala backpacker dan memilih destinasi luar negeri, ada beberapa tips yang akan kami berikan di artikel ini. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Ingat Kelima Hal Ini  Sebelum Berlibur ke Luar Negeri Ala Backpacker

Meski destinasi wisata di Indonesia tak kalah menarik, liburan ke luar negeri menjadi impian semua orang. Namun, untuk bisa berlibur ke luar negeri dengan cara backpacking tentu tidak mudah. Kamu harus mempersiapkan banyak hal sebelum backpacker ke luar negeri, termasuk mengingat informasi penting berikut ini. 

  • Tentukan Destinasi Tujuan

Liburan ala backpacker biasanya dilakukan dengan santai dan seringkali tanpa tujuan. Namun, alangkah lebih baiknya jika kamu tetap tentukan destinasi mana saja yang ingin dikunjungi.  

Usahakan jangan sampai baru memikirkannya setelah kamu berada di negara tujuan. Alih-alih bisa mengeksplor banyak destinasi wisata, kamu justru akan kehabisan waktu dan hanya berujung di hotel saja. 

Buatlah daftar tempat yang ingin kamu kunjungi. Kamu bisa mencari referensinya melalui internet seperti Google, media sosial Instagram atau Youtube. Saat ini banyak traveler yang dengan senang hati membagikan referensi destinasi wisata di luar negeri. Nah, kamu bisa memanfaatkan hal itu untuk tentukan pilihan.  

  • Ketahui Biaya yang Harus Dikeluarkan 

Ketika kamu sudah menentukan destinasi negara yang akan dituju, buatlah rincian total biaya yang harus dikeluarkan. Karena salah satu prinsip menjadi seorang backpacker adalah meminimalisir pengeluaran.

Kamu bisa mencari tiket pesawat ke negara tujuan dengan harga yang ekonomis. Caranya yaitu dengan berburu diskon atau memesan tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. 

Selain itu, perhatikan juga berapa biaya akomodasi atau penginapan di negara tujuan. Harga makanan, tiket wisata, hingga biaya transportasi pun tak kalah penting untuk kamu ketahui. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dan sedetail mungkin mengenai seluruh biaya tersebut. Jadi, kamu bisa memperkirakan berapa budget yang diperlukan. 

  • Moda Transportasi yang Tersedia di Negara Tujuan

Informasi tentang fasilitas publik di negara tujuan juga tak boleh dianggap remeh. Kamu harus tahu moda transportasi apa saja yang bisa digunakan untuk menuju tempat-tempat yang diinginkan.

Karena beberapa tempat yang ingin kamu kunjungi bisa jadi jauh dari penginapan. Sehingga tidak mungkin ditempuh hanya dengan jalan kaki. Jika di negara tujuan terdapat transportasi publik yang bisa dimanfaatkan, tentu biaya liburan jadi lebih murah. 

Ada beberapa negara yang menyediakan transportasi publik dengan harga murah bahkan gratis. Dan yang tak kalah pentingnya, pahami rute perjalanan dari moda transportasi publik yang tersedia. Jangan sampai kamu kebingungan ketika berada disana atau malah salah tujuan dan akhirnya tersesat. 

  • Cari Tahu Makanan yang Tersedia di Negara Tujuan

Banyak hal berbeda yang akan kamu temui di luar negeri, termasuk kulinernya. Kamu perlu tahu apa saja makanan yang tersedia di negara tujuan. Karena belum tentu cita rasa makanan di sana cocok untuk lidahmu. Liburan jadi terasa tidak menyenangkan jika kamu tidak menyukai makanan yang ada. 

Dan untuk kamu yang muslim, harus sangat hati-hati dalam memilih makanan saat backpacker ke luar negeri. Pastikan kamu sudah punya daftar restoran halal di negara tujuan. Itulah sebabnya mengapa kamu harus mengetahui kuliner di negara yang akan kamu datangi. Di samping itu, liburan dan kuliner adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. 

  • Pahami Cuaca yang Sedang Berlangsung

Cuaca juga tak kalah pentingnya untuk diperhatikan. Sayangnya, masih banyak yang justru mengabaikan hal ini. Dengan memahami cuaca yang sedang berlangsung di negara tujuan, kamu bisa menyesuaikan barang bawaanmu. 

Jangan sampai kamu salah membawa perlengkapan, yang akhirnya bisa membuatmu kerepotan. Bayangkan jika kamu tidak membawa baju-baju hangat, sementara negara tujuan sedang musim salju ? Mau tidak mau kamu harus membelinya di sana sehingga membuat pengeluaran membengkak. 

Selain itu, seorang backpacker sudah identik dengan efisiensi. Hal ini juga berlaku pada barang bawaan. Umumnya, para backpacker hanya membawa satu tas saja dengan perlengkapan seadanya. Maka dari itu, pastikan kamu sudah paham bagaimana cuaca atau musim pada saat itu di negara tujuan. 

Nah, itu tadi kelima hal yang kamu perhatikan sebelum backpacker ke luar negeri. Selain hal-hal di atas, sebaiknya persiapkan dokumen penting yang akan bermanfaat nantinya. 

 


Posted

in

by