Ini Nikmatnya Solo Traveling, Tidak Mungkin Kesepian

Solo traveling merupakan perjalanan berlibur seseorang hanya sendirian tanpa membawa teman, keluarga atau pacar. Ada banyak orang yang senang dengan solo traveling, mengapa? Karena sebenarnya seseorang tidak akan kesepian saat melakukan solo traveling.

Apakah kamu termasuk orang yang senang dengan solo traveling? Jika iya pasti kamu paham bagaimana asyiknya solo traveling. Akan tetapi jika kamu bukan orang yang pernah solo traveling, kamu harus baca tulisan ini untuk menambah wawasan bahwa bepergian sendirian belum tentu bikin kesepian.

Sendirian bukan berarti kesepian, itulah asumsi yang dapat menggambarkan nikmatnya solo traveling, banyak diantara kita yang suka solo traveling, namun banyak juga yang tidak. Ada beberapa kenikmatan ketika seseorang melakukan perjalanan berlibur dengan konsep solo traveling.

Nikmatnya Solo Traveling

Bepergian sendirian merupakan hal yang dihindari oleh beberapa orang yang sulit bersosialisasi dengan orang baru, namun bagi kamu yang suka tantangan dan hal-hal baru, sebaiknya kamu simak beberapa hal ini tentang nikmatnya solo traveling yang jarang orang ketahui.

  • Minim Resiko

Ketika kita pergi bersama teman, pacar atau keluarga, maka secara tidak langsung resiko kita bertambah, kita harus memikirkan keselamatan setiap orang yang bersama kita, begitupun kesehatannya. Ketika teman kita mengalami suatu hal yang tidak diinginkan, maka kita harus bertanggung jawab sepenuhnya.

Berbeda dengan solo traveling, perjalanan sendirian membuat kita fokus pada diri kita, yang hanya kita pikirkan adalah bagaimana mendapatkan pengalaman liburan yang membuat diri kita bahagia, kemudian keselamatan kita juga terjaga.

  • Relaksasi Diri

Ketika kamu melakukan kegiatan traveling bersama orang lain, waktumu akan termakan oleh obrolan interaktif, sehingga akan sedikit kesempatan yang kamu dapatkan untuk relaxasi, tidak banyak berinteraksi namun bisa fokus terhadap ketenangan diri.

  • Refleksi Diri

Kamu akan memiliki banyak waktu untuk menyendiri, bukan hanya sekedar untuk bengong, tapi kamu bisa berinteraksi dengan dirimu sendiri, melakukan refleksi berupa evaluasi diri atau bahkan memotivasi ulang diri sendiri, sehingga bukan hanya sekedar liburan akan tetapi proses memperbaiki kehidupan.

  • Mengenal Banyak Orang Baru

Sebenarnya traveling sendirian tidak membuat kamu kesepian, karena di perjalanan atau setibanya di lokasi tujuan, kamu juga bisa menambah relasi, berkenalan dan berbaur dengan orang-orang baru yang akan menambah hal-hal positif dalam hidupmu.

Persiapan Penting Untuk Solo Traveling

Meskipun solo traveling menyenangkan, akan tetapi kamu harus tetap memperhatikan persiapan yang harus kamu lakukan sebelum melakukan solo traveling, pasalnya kamu tidak membawa teman atau keluarga, kamu harus bisa menjaga dirimu sendiri.

Meskipun solo traveling memiliki kenikmatan tersendiri, namun jangan abaikan kesehatan dan keselamatan serta kenyamanan, bukan hal yang mustahil kamu akan menghadapi situasi yang tidak diinginkan, sedangkan kamu melakukan perjalanan sendirian.

  • Sortir Barang yang Akan Dibawa

Kamu harus membawa barang seperlunya, meminimalisir barang-barang yang akan kamu bawa. Maka dari itu kamu harus sortir terlebih dulu barang apa saja yang sekiranya diperlukan, kemudian simpan barang-barang yang sekiranya tidak diperlukan.

Selain membuatmu kerepotan, membawa barang terlalu banyak juga dapat membuat biaya transportasi lebih tinggi, selain itu juga resiko kehilangan barang juga meningkat, sehingga bukannya hemat nanti kamu malah mengalami kerugian yang tidak diinginkan

  • Gunakan Transportasi Umum

Jangan sampai lupa bahwa tujuan kamu adalah menghemat uang saat berlibur, angkutan umum bisa menjadi opsi terbaik, kamu tidak perlu mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli bahan bakar dan lain sebagainya. Membawa kendaraan pribadi juga lebih beresiko.

Misalnya, kamu membawa kendaraan pribadi, maka kamu harus menyiapkan uang lebih untuk biaya yang tidak terduga, seperti roda kendaraan yang tiba-tiba kempes atau kemungkinan kendaraan mogok, tentu saja beresiko terhadap pengeluaran anggaran dadakan.

Membawa kendaraan pribadi sangat beresiko saat kamu melakukan solo traveling, apabila kamu mengalami kecelakaan maka orang yang menolongmu akan sedikit kesulitan lantaran tidak mengenal kamu, sebaiknya naik transportasi umum, selain itu juga menjadi kesempatan untukmu menambah relasi di perjalanan.

  • Bawa Perlengkapan Kesehatan

Jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan saat kamu melakukan perjalanan liburan sendirian atau solo traveling, ingat ketika kamu mengalami gangguan kesehatan, maka resikonya adalah kamu tidak mengenal banyak orang di sana, sehingga kamu harus bisa mengurus dirimu sendiri.

Setiap perjalanan tentu saja punya resiko keselamatan, sebaiknya kamu perhatikan keselamatanmu karena perjalananmu hanya sendirian. Peralatan kesehatan yang harus kamu bawa adalah obat-obatan untuk luka dan obat-obatan untuk meredakan penyakit tertentu.

Demikian penjelasan tentang nikmatnya solo traveling yang ternyata tidak sama sekali bikin kesepian, justru banyak sekali kenikmatan yang dapat dirasakan ketika kamu melakukan sebuah perjalanan untuk liburan meskipun hanya sendirian.

 


Posted

in

by