Tips Traveling ala Backpacker yang Gak Bikin Kantong Jebol

Buat kamu yang senang dengan kegiatan traveling, tulisan ini akan menjelaskan tips traveling ala backpacker yang tentunya tidak bikin kantong kamu jebol alias minim pengeluaran banget. Bagi kamu yang kerap merasa boros saat traveling, sebaiknya simak tulisan ini.

Backpacker merupakan salah satu opsi terbaik bagi kamu yang ingin berlibur namun keuangan terbatas. Kamu dapat meminimalisir pengeluaran yang kamu keluarkan, namun mendapatkan lebih banyak kesempatan berlibur dengan menjelajah tempat-tempat baru dan mendapatkan pengalaman baru.

Bukan hanya sekedar berlibur, bahkan kamu juga dapat menambah pengetahuan baru dan wawasan baru, seperti misalnya berbaur dengan warga setempat, menambah relasi dan kawan-kawan baru yang akan menghiasi hidupmu dan memberikan kesan liburan terbaik buat kamu.

Tips Traveling Ala Backpacker Hemat

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk melakukan sebuah perjalanan berlibur ala backpacker, tujuan kamu berlibur tentunya adalah mendapatkan pengalaman menyenangkan dengan uang yang dikeluarkan yang hemat atau tidak terlalu banyak.

  • Susun Rencana Perjalanan Sebaik Mungkin

Kamu harus menyusun rencana perjalanan dengan cermat, seringkali perencanaan yang kurang maksimal justru membuatmu harus mengeluarkan uang melebihi estimasi anggaran yang sudah diperhitungkan, maka dari itu sebaiknya kamu susun rencana sebaik mungkin.

Bagaimana cara menyusun rencana perjalanan berlibur dengan cermat? Sebenarnya tidak terlalu sulit, intinya kamu jangan malas untuk mengerjakan perencanaan itu. Kamu harus tentukan tujuan tempat wisata yang akan kamu kunjungi, transportasi yang akan digunakan, waktu dan estimasi anggaran.

Sebaiknya kamu mengumpulkan banyak informasi terkait tempat wisata, biyaya dan waktu kamu berlibur. Jangan sampai perencanaan yang kurang baik justru membuat liburanmu memakan banyak waktu di luar perencanaan, hal tersebut akan menambah pengeluaranmu.

  • Bawa Barang Seperlunya

Melakukan perjalanan ala backpacker berarti membawa barang seperlunya, meminimalisir barang-barang yang akan kamu bawa. Maka dari itu kamu harus disortir terlebih dulu barang apa saja yang sekiranya diperlukan, kemudian simpan barang-barang yang sekiranya tidak diperlukan.

Selain membuatmu kerepotan, membawa barang terlalu banyak juga dapat membuat biaya transportasi lebih tinggi, selain itu juga resiko kehilangan barang juga meningkat, sehingga bukannya hemat nanti kamu malah mengalami kerugian yang tidak diinginkan.

  • Pakai Transportasi Umum

Jangan sampai lupa bahwa tujuan kamu adalah menghemat uang saat berlibur, angkutan umum bisa menjadi opsi terbaik, kamu tidak perlu mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli bahan bakar dan lain sebagainya. Membawa kendaraan pribadi juga lebih beresiko.

Misalnya, kamu membawa kendaraan pribadi, maka kamu harus menyiapkan uang lebih untuk biaya yang tidak terduga, seperti roda kendaraan yang tiba-tiba kempes atau kemungkinan kendaraan mogok, tentu saja beresiko terhadap pengeluaran anggaran dadakan.

Kamu harus cari tahu dengan benar berapa biaya transportasi yang harus kamu keluarkan, jangan sampai kamu tertipu oleh oknum transportasi umum, karena banyak kasus tembak harga alias memberikan harga yang lebih mahal kepada orang asing.

  • Pilih Destinasi yang Ramah Untuk Backpacker

Hati-hati dalam memilih destinasi wisata yang akan kamu kunjungi, pertimbangkan terlebih dahulu apakah wisata yang dituju itu ramah untuk backpacker, mudah dilalui dan minim biaya transportasi tentunya menjadi kategori tempat wisata yang utama bagi backpacker.

Kamu juga harus cari tahu tentang keamanan di lokasi destinasi wisata, hindari tempat-tempat yang secara data memiliki tingkat resiko kriminal yang tinggi, hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari kerugian-kerugian yang tidak diperhitungkan.

  • Bersosialisasi Dengan Warga Setempat

Meski kamu sudah memperhitungkan segala sesuatu terkait liburan yang akan kamu jalankan, akan tetapi bukan tidak mungkin ada hambatan di perjalanan, sebaiknya kamu bersosialisasi dengan warga setempat untuk memudahkan kamu dalam mencapai tujuan.

Bukan hanya itu, dengan bersosialisasi kamu juga dapat meminimalisir pengeluaran, misalnya minta tolong warga untuk memberitahu bagaimana menghemat anggaran, atau bahkan kamu akan mendapatkan kebaikan-kebaikan lain dari warga setempat.

Baca juga: Belajar Bisnis di Infousaha.id

  • Cari Penginapan yang Murah

Kamu harus mencari penginapan yang murah, bagaimana caranya? Kamu bisa menggunakan aplikasi penginapan yang pembelian tiketnya dibeli secara online, biasanya pembelian tiket penginapan secara online lebih murah daripada pembelian langsung.

Hal tersebut dikarenakan aplikasi biasanya menghadirkan banyak sekali promo dan diskon-diskon yang tentu saja membantumu untuk menghemat anggaran yang dikeluarkan, namun tetap utamakan kenyamanan dan keamanan saat memesan hotel meskipun online.

  • Pelajari Bahasa Daerah Setempat

Tidak jarang penjual makanan atau jasa transportasi menaikan harga bagi orang-orang yang bukan asli dari daerahnya, biasanya mereka memperkirakan hal tersebut dari bahasa yang kita pakai ketika berinteraksi dengan mereka, sebaiknya kamu pelajari bahasa mereka meskipun sedikit.

Demikian penjelasan tentang tips traveling ala backpacker dengan hemat alias tidak bikin kantong jebol. Setiap orang memang memerlukan berlibur, namun sebaiknya kamu usahakan liburanmu merupakan liburan yang hemat namun memberikan pengalaman yang mengesankan.

 


Posted

in

by