Apabila dulunya masyarakat yang biasanya memakai transportasi umum berupa bus, yang mana orang-orang yang mengetahui satu jenis bus saja. Akan tetapi seiring perkembangan zaman serta persaingan bisnis semakin sengit. Saat ini sudah banyak perusahaan transportasi yang menawarkan berbagai macam serta tipe armada bus milik mereka.

Salah satu jenis bus di Indonesia yang saat ini sedang menjadi sorotan oleh masyarakat yakni bus Double Decker. Bus Double Decker adalah bus tingkat yang mempunyai dua lantai yang bisa menampung penumpang lebih banyak dibandingkan bus satu lantai. Biasanya tinggi bus ini hingga 4150 mm.

Bukan hanya bisa membawa banyak penumpang serta nyaman saja. Model bus tersebut juga mempunyai beberapa fasilitas yang tidak tersedia di jenis bus lainnya. Maka tak heran bila harga tiket bus ini lebih tinggi dibandingkan tiket bus pada umumnya. Sebab fasilitas dan kenyamanannya jauh lebih bagus.

Bus Double Decker khususnya di negara Indonesia tersedia beberapa model dan varian, yang mana modal tersebut sering dipakai oleh para perusahaan otobus besar di Indonesia. Umumnya Anda akan kerap menjumpai bus satu ini di jalanan kota Solo, Jakarta, Surabaya, Bandung hingga Makassar.

Sebab fasilitas yang ditawarkan begitu lengkap serta modern. Tidak heran bila ada banyak sekali varian atau model bus Double Decker ini yang masuk jajaran bus termewah yang ada di dunia. Nah, pada artikel kali ini, terdapat 5 daftar dari nama perusahaan yang mempunyai armada Double Decker.

1.       Legacy SR2 Double Decker

Pertama adalah perusahaan Laksana yang kembali memperkenalkan model bus Double Decker terbaru dan diberi nama yaitu Legacy SR2 Double Decker. Dimana bus ini mempunyai desain terbaik yang ada di kelasnya dan eksterior serta interiornya telah dilengkapi teknologi super canggih. Disamping itu, Double Decker tersebut sepenuhnya desainnya dibuat oleh orang-orang dari Indonesia.

2.       Conqueror Double Decker

Selanjutnya ada Conqueror Double Decker yang merupakan jenis bus double decker di Indonesia, dimana bus ini dirilis oleh perusahaan bernama Karoseri Nusantara Gemilang. Sekedar informasi, perusahaan ini dibawah naungan dari perusahaan PO Nusantara, yang mana bus tersebut mempunyai kerangka dengan seri R37 serta mempunyai desain bobot ringan yang sangat elegan.

3.       Highlander Double Decker

Jenis bus Double Decker terbaru yang masuk Indonesia yakni Highlander Double Decker, yang mana bus tersebut pertama kali muncul di jalanan Sulawesi. Dibawah naungan dari PO Primadona, bus satu ini akan dioperasikan pada trayek dari Makassar hingga Tana Toraja dan kemungkinan trayeknya akan diperluas, seiring berkembangnya dan meningkatnya minat masyarakat untuk menggunakan bus Double Decker tersebut.

4.       Jetliner Double Deck

Bus satu ini bisa dikatakan bus Double Decker pertama kali diperkenalkan tahun 2016 silam, yang mana pemilik pertama dari bus satu ini yakni PT Rahayu Santosa. Dimana versi pertamanya bus tersebut memakai kerangka mesin Mercedes Benz.

5.       Jetbus 2 SDD

Menjadi sebuah perusahaan otobus terbaik untuk kawasan Jawa Tengah yakni Efisien juga mempunyai bus Double Decker, yang mana bus ini memakai bodi dari Jetbus 2 SDD yang diciptakan oleh Adiputro.Model bus satu ini telah dilengkapi oleh display Video On Demand yang dikenal dengan singkatan VOD.

5 Nama Perusahaan Bus yang Memiliki Armada Double Decker

Setelah Anda mengetahui 5 nama perusahaan bus yang memiliki armada Double Decker, ada baiknya untuk mengetahui juga kelebihan-kelebihan dari jenis bus Double Decker tersebut.Karena penting untuk Anda mengetahi lebih detail mengenai jenis mobil mewah satu ini, apalagi untuk Anda yang penasaran, maka dari itu simak informasi lengkapnya berikut ini.

1.       Kapasitas

Pada rute yang okupansi tinggi. Model bus double decker ini sangat tepat digunakan, karena kapasitasnya bisa menampung banyak penumpang dalam satu kali angkut, dan bahkan masih lebih banyak jika dibanding dengan bus UHD.

2.       Variasi Kelas

Di jenis bus biasa, umumnya kelas yang tersedia tidak dapat dibedakan di dalam satu bus. Dengan begitu dalam satu bus tersebut, hanya tersedia satu kelas, tak disediakan pilihan kelas seperti halnya pesawat yang menyediakan ukuran lebih besar. Tapi untuk jenis mobil bus double decker fasilitas pilihan tersebut telah tersedia.

3.       Kenyamanan

Jika dibandingkan oleh bus biasa, model bus double decker akan jauh lebih nyaman ketika sudah berjalan karena sasis yang dipakai merupakan sasis premium yang dapat diatur ketinggiannya, yang pastinya setingan ketinggian akan berpengaruh ke empuk dan kerasnya.

4.       Efisiensi

Pada Bus double decker ini mempunyai efisiensi lebih dibandingkan bus pada umumnya, yang dihitung dari biaya per penumpang untuk menempuh jarak satu kilometer. Untuk konsumsi bahan bakarnya hanya berbeda tipis dengan jenis bus SHD, akan tetapi kapasitas penumpang memiliki perbedaan yang sangat signifikan.