Masa pandemi yang sedang menimpa kita ini, memang belum usai. Namun bukan berarti kita yang suka jalan-jalan,  jadi terhalang hobinya, karena adanya PPKM, lockdown, dan sebagainya. Dengan menaati protokol kesehatan yang cukup ketat, sekaligus aturan-aturan yang sudah ditetapkan, kita masih bisa mengupayakan agenda traveling tanpa harus menundanya.

Kita juga bisa bepergian dengan memanfaatkan wisata virtual, yang baru-baru ini sedang hangat  diperbincangkan. Walaupun demikian, pasti tetap saja ada rasa tidak puas, dengan hanya bepergian secara virtual saja. Oleh karenanya, kamu pastinya berharap agar keadaan dunia bisa normal seperti sedia kala, dan  melakukan bepergian tanpa ada perasaan was-was sedikitpun.

Memang traveling di saat-saat seperti ini juga nggak ada salahnya. Dengan melakukan traveling, kamu bisa healing atau melepaskan stress yang ada dipikiranmu. Untuk traveling yang aman dan nyaman, pastinya kamu perlu meluangkan waktu dan tenaga untuk mempersiapkan perlengkapannya. Kamu bisa mempersiapkan diri dengan mengikuti tips-tips berikut ini, agar agenda travelingmu tetap berjalan sesuai keinginanmu.

tips traveling di masa pandemi

1. Lakukan Riset Lengkap Terkait Destinasimu

Melakukan riset sebelum traveling sangat penting untuk kamu lakukan. Apalagi di saat pandemi Covid-19 seperti saat ini, kamu perlu jeli untuk melihat informasi terkait tempat tujuanmu, agar bisa menaati protokol kesehatan yang berlaku di tempat tersebut.

Informasi yang perlu kamu cari contohnya jumlah infeksi harian di wilayah yang kamu tuju. Dari hasil persentase, infeksi di wilayah tersebut apakah naik atau turun. Dari informasi tersebut kamu akan dapat menentukan lokasi yang hendak kamu kunjungi itu aman atau tidak, untuk dijadikan tempat kunjunganmu. 

2. Buat Daftar Keinginan atau Tujuanmu

Daftar keinginan serta tujuan kamu perlu disiapkan, untuk merencanakan bujet yang akan dikeluarkan nanti. Daftar keinginan ataupun itinerary menjadi penting saat pandemi, karena dengan bantuan itu kamu akan tahu tempat-tempat mana saja yang sudah dikunjungi. Dengan itinerary pula, saat ada hal buruk yang menimpamu, misalnya terpapar COVID-19, dapat membantu satgas melacak resiko penularan. 

 

3. Memilih Tiket dan Akomodasi yang Bersifat Refundable

Memilih tiket dan akomodasi yang bersifat refundable atau dapat dikembalikan, sangat disarankan untuk kamu yang melakukan perjalanan di saat pandemi COVID-19. Dengan memilih tiket yang dapat dikembalikan lagi, kamu nggak akan merasa rugi jika sewaktu-waktu membatalkan perjalananmu secara mendadak.

4. Pilih Destinasi Outdoor dan Sepi

Hal penting lainnya, yang perlu kamu perhatikan adalah tempat destinasi pilihanmu. Kamu seharusnya memilih tempat-tempat yang terbuka sekaligus sepi, agar terhindar dari kerumunan. Selain itu dengan memilih tempat destinasi yang terbuka, misalnya di alam, akan membantu menenangkan pikiranmu selama di tempat destinasi tersebut. 

5. Memastikan Kondisi Tubuh Sehat dan Bugar

Sebelum kamu berangkat ke tempat destinasi pilihanmu, kamu perlu memastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan bugar. Jangan memaksakan, apabila tubuhmu kurang sehat dan fit. Selain akan kurang nyaman, jika kamu melakukan traveling saat kondisi tubuh tidak sehat. Resiko untuk tertular virus COVID-19 akan mungkin bagimu, jika kamu dalam kondisi tubuh tidak sehat dan imunitas yang menurun. 

Jika memungkinkan, sebelum kamu melakukan perjalanan, kamu bisa mengikuti rapid test atau swab secara mandiri. Hasil tes tersebut, bisa kamu bawa saat traveling untuk berjaga-jaga, apabila di tempat wisata nanti diminta oleh petugas untuk menyerahkan surat bebas COVID-19.

Dalam perjalanan nanti, wajib kamu ingat untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah diwajibkan oleh pemerintah, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak/menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.